1.Peristiwa-peristiwa pada masa modren
Secara teori, priode modern dalam sejarah Islam dimulai
sejak tahun 1800 Masehi hingga kini. Secara kondisi dunia Islam berada dibawah
penetrasi bangsa barat.
Pada
periode modern, kebangkitan itu di tandai dengan banyak bermunculannya
pemikiran pembaharuan dalam dunia Islam.
Muculnya gerakan pembaharuan dalam dunia Islam disebabkan oleh 2 faktor :
a. Timbulnya kesadaran dikalangan ulama bahwa
banyak ajaran asing yang masuk dan diterima oleh masyarakat muslim sebagai
ajaran Islam.
b. Pada periode ini, bangsa barat mendominasi
dunia baik dalam bidang politik, ekonomi, perdagangan dan peradapan dunia.
Pada bab sebelumnya, kalian telah mengikuti ulasan tentang
perkembangan Islam pada abad pertengahan( 1200-1800 ).
Dari ulasan bab. Kamu dapat mengetahui bahwa meliputi beberapa
kerajaan Islam mampu mengukir berbagai prestasi, namun secara umum umat Islam
pada rentang masa itu terus mengalami
kemunduran terutama dibidang ilmu pengetahuan.
Penjajahan Bangsa Barat terhadap dunis
Islam
Setelah kebangkitan itu, Eropa kemudian mulai berkeinginan untuk
mengadakan penjelajahan ke dunia luar. Spanyol, Portugal, Prancis, Belanda,
Inggris dan Negara Eropa lainnya.
Para penjelajah seperti Bartholomeus Diaz, Cristoper Columbus
dan Vasco Dagama mampu membuka harapan baru dikalangan bangsa barat. Mereka
menemukan daratan daratan baru seperti benua Amerika.
Penjelajahan yang mereka lakukan hanya digunakan sebagai media
untuk memantau Negara-negara yang mereka lewati.
Dengan memahami karakteristik Negara-negara yang pernah mereka
temui, maka penaklukan dan pendudukan akan dengan mudah mereka lakukan. Dengan
adanya dukungan revolusi industry, para penjelajah itu akhirnya dapat menguasai
negara-negara yang mayoritas berpenduduk muslim.
Menjadi sasaran Prancis
menjajah Maroko, Aljazair, Tunisia, Libya, Lebanon, dan lain-lain. ,
Inggris menjajah Mesir, Irak, Yaman,
Iran, Afganistan dan India.
Ketika dunia Islam mengalami kemunduran, bangsa Eropa mengalami
perubahan, abad 16 & 17 Masehi, Eropa mengalami kemajuan dalam bidang
industry, teknologi, ilmu pengetahuan dan sebagainya. Mereka mulai
mengembangkan sains dan teknologi yang mereka pelajari dari dunia Islam,
khususnya di Universitas yang ada di Spanyol (Cordova, Gronada, Seville,
Teledo).
Kajian yang mereka lakukan menghasilkan temuan luar biasa yang
melahirkan suatu periode yaitu renaisans di Eropa. Kenyataan tersebut diperkuat
dengan ditemukannya mesin uap, sebuah hasil revolusi industry yang sangat
revolusioner ketika itu. Setelah itu, Eropa semakin terdorong untuk menjelajahi
samudera (dunia) guna memperoleh dan menguasai jalur perdagangan internasional.
Dengan kemunduran dan kejatuhan Negara-negara adikuasa Islam,
wilayah kekuasaan dunia Islam jatuh dalam pendudukan bangsa barat. Keadaan
menyedihkan terus menghinggapi dunia Islam, karena abad ke 19 & 20 dapat
disebut sebagai abad kemajuan kolonialisme dan imprealisme barat. Pada abad ini
hampir seluruh dunia Islam berada dalam cengkraman bangsa barat.
Dunia Islam yang pertama kali mengalami penetrasi dan penjajahan
bangsa barat adalah India dan Malaka yang berada dibawah kekuasaan Inggris.
Penetrasi dan penjajahan kolonial barat yang melibatkan banyak
Negara berkembang sangat pesat. Sehingga dunia Islam bukan saja dipecah-pecah
oleh penjajah, juga sebagai mangsa politik ekonomi mereka.
Motivasi dan tujuan bangsa barat menjajah
dunia Islam
Ada tiga macam motivasi bangsa Barat
terhadap dunia Islam yaitu :
a.
Motivasi Ekonomi
b.
Motivasi Politik
c.
Motivasi Agama
Dampak
penjajahan bangsa barat terhadap dunia Islam
Tidak dapat dipungkiri bangsa kolonialisasi
telah berdampak negatif yang sangat mendalam pada msyarakat Islam. Selama masa
penjajahan orang Islam harus berkorban dalam medan perang.
Pemerintah kolonial telah melumpuhkan masyarakat muslim.
Membekukan pemikiran dan menguburkan kejayaan Islam masa lalu, lebih buruk lagi
kolonial telah merusak rasa percaya diri orang Islam. Penjajahan bangsa barat
terhadap dunia Islam juga meningalkan
moral yang rusak, pengaruh lain yang ditinggalkan bangsa barat di dunia
Islam adalah nasionalisme. Nasionalisme merupakan salah satu politik dalam
memecah belak kesatuan dan kekuatan Islam serta memudahkan mereka membagi-bagi
wilayah Islam.
2.
Tokoh-tokoh yang berprestasi dalam perkembangan Islam pada masa modren
Diantara tokoh Islam dalam pembaharuan
anatara lain:
a. Gerakan Wahabi
-
Sejarah Singkat Muhamad Bin Abdul Wahab.
Muhammad
Bin Abdul Wahab lahir di Uyainah, daerah Nejed tahun 1115 hijriyah , wafat
tahun 1206 hijriyah. Muhammad Bin Abdul Wahab dibesarkan dan dididik ayahnya
sendiri. Ayahnya seorang faqih (ahli fikih) dan kadi (Hakim) bermazhab Hambali,
suatu aliran yang menjadi rujukan pendapat Nejed pada umumnya.
Sejak
kecil Muhammad Bin Abdul Wahab sudah mampu menghafal dan memahani apa yang
dibacanya, pada usia 9 tahun ia sudah hafal Al_Qur’an 30 Juz. Ia berguru kepada
Syaikh Sulaiman Al-Kurdi dan Muhammad Hayat Al-Sindi. Dari kedua gurunya inilah
ia mrndapati pelajaran tentang bermacam-macam bid’ah dan bahayanya.
-
Gerakan Pembaharuan Muhammad Bin Abdul Wahab
Muhammad
Abdul Wahab diasuh dalam lingkungan penganut mazhab Hambali terdapat 3 faktor
yang menjadi latar belakang munculnya gerakan pembaharuan M. Abdul wahab.
1.
Muh. Bin Abdul Wahab lahir dalam lingkungan yang memiliki basis agama yang
cukup kuat.
2. Pengaruh gurunya terutama Hayyat dan Ibn
Sayf.
3. Kondisi
sosiologi dan religious dan daerah–daerah yang dikunjungi sangat
memperhatikan terutama paham tauhid yang
banyak menyimpang di ajaran Islam.
-
Adapun Pemikiran pemikiran M. Abdul Wahab adalah :
a.
Tauhid
Tauhid adalah tema sentral
dalam penilaian M. Bin Abdul Wahab menurutnya tauhid yakni Al-Ibadah/
pengabdian kepada Allah. La Illaha Illallah bahwa hanya Allahlah yang mempunyai
kekuasaan hakiki dan hanya Allah pula-lah yang patut di sembah.
b. Terbukanya pintu ijtihad dan melarang
taqlid
Dengan
terbukanya pintu ijtihad maka M. Bin Abdul Wahab melarang umat Islam untuk
taqlid kepada para ulama.
c. Menetapkan hukum Islam harus merujuk kepada
Al-Qur’an dan Hadits.
d.
Tawassul dan
Bid’ah.
b. Gerakan Jamaluddin Al-Afgani
-
Beografi Jamaluddin
Nama Aslinya Muh. Ibnu
Safdar Al_Husainy, lahir di Asadabad pada tahun 1838 Masehi. Kawasan disirik
Kabul bagian timur Afganistan wafat pada tahun 1897 Masehi di Iran dalam status
tahanan politik , sejak kecilinya sudah belajar membaca Al-Qur’an dan bahasa
arab.
Perjalanan
karir Al-Afgani di mulai ketika berusia 20 tahun. Ia telah menjadi staf utama
pangeran Dost Muhammad Khan di Afganistan tahun 1864 Masehi, ia menjadi
penasehat Sir Alikhan, beberapa tahun kemudian ia diangkat menjadi perdana
menteri oleh M. Azam Khan. Ia terlibat berbagai aktivitas sosial, politik
sampai akhirnya terusir dari mesir tahun 1879. Al-Afgani pergi beberapa Negara
Eropa seperti Prancis dan Inggris. Ia juga sempat mendirikan sebuah organisasi
bernama Urwatul Wusqa ( ikatan yang kokoh ) dan majalah dengan nama Urwatul
wusqa.
-
Peran Jamaluddin
dibidang politik
Dikalangan umat Islam,
Jamaluddin lebih dikenal sebagai pemimpin pergerakan politik dari pada sebagai
pemikir reformis dan modernisasi dalam Islam. Jamaluddin Al-Afgani berkeinginan
tinggi bahwa suatu saat umat Islam mampu membuka jalan dan dapat membendung dan
mengatasi pengaruh barat. Oleh sebab itu ia memilih jalan hidupnya sebagai
politikus, keterlibatannya dalam politik, memudahkan Jamaluddin untuk membangun
hub akrab dengan beberapa pemimpin Negara Islam.
Murtada Mutahari, pemikir
kontemporer dari Iran mengatakan bahwa politik Jamaluddin Al-Afgani sebagai
berikut :
a. Mengadakan perjuangan melawan obsolutisme
pemerintah.
b.
Mengejar ketertinggalan umat Islam dalam bidang pengetahuan, sains dan
teknologi modern.
c. Mengembalikan pemahaman umat Islam terhadap
ajaran sumber aslinya.
d. Berjuang melawan kolonialisme asing.
e. Membangkitkan slogan persatuan Islam
-
Konsep Pan
Islamisme Jamaluddin Al-Afgani.
Gerakan Pan Islamisme
didirikan oleh Jamaluddin Al-Afgani yang berpusat di Kabul.
Pokok
–pokok ajaran Jamaluddin Al-Afgani
1. Mengugah rasa solidaritas mukmin seluruh
dunia.
2. Nasrani sekalipun berbeda keturunan dan
bangsa, ketika menghadapi timur ( Islam) dapat bersatu untuk menghancurkan
dunia Islam
3.
Mengenyahkan segala bentuk fanatisme golongan dan nasionalisme kebangsaan untuk
mengalang kekuatann guna mengusir segala bentuk inprealisme barat
4. Bersatunya umat Islam yang tidak mengenal
suku bangsa akan menciptakan suatu peradapan yang maju.
-
Meneladani sikap
Jamaluddin .
Sikap Jamaluddin Al–Afgani
sebagai seorang nasionalisme, pemikir dan pembaharuan yang patut di teladani. Setidaknya ada 3 faktor yaitu :
a.
Seorang pengagas pan Islamisme, nasionalisme, anti kolonialisme dan modernis
Islam
b. Seorang orator dan pembicara yang
kharismatik.
c.
Sering berkunjung ke Negara Islam memungkinkan untuk menyebarkan gagasannya.
d. Menyerukan persatuan dan kesatuan sebagai
sendi umat Islam.
e. Menafsirkan kembali nilai-nilai Islam
c. Gerakan Pembaharuan Muhammad Abduh
-
Sejarah singkat M.
Abduh.
M. Abduh lahir di Mesir
tahun 1849 Masehi. Ayahnya Abduh Hasan Khairullah berasal dari Turki, sedangkan
ibunya seorang Arab. M. Abduh termasuk anak yang cerdas. Ketika di al-azhar ia
bertemu dengan Jamaluddin Al-Afgani yang datang ke mesir. Setelah menamatkan
studynya di al-azhar tahun 1877 Masehi.
-
Peranan M. Abduh
Dibidang Politik.
Sebagai rektor, ia
memasukkan kurikulum filsafat dalam pendidikan di al-azhar. Upaya itu dilakukan
untuk mengubah cara berfikir orang orang al-azhar. Keterlibatan Abduh dalam
kancah politik memang tidak sepopuler Al-Afgani sedikit banyak abduh terlibat dalam
pergolakan politik dinegerinya. Terutama
pekerjaan yang ditekuninya sebagai dosen, jurnalistik, ulama maupun
tokoh masyarakat ia bahkan ikut dalam gerakan menentang penjajahan maupun
penguasa yang bersekutu dengannya.
-
Pemikiran M. Abduh.
Diantara
ide pembahasan yang dicanangkan M. Abduh antara lain:
1. Penghapusan paham jumud yang berkembang
didunia Islam saat itu.
2. Pembukaan pintu ijtihad sebagai dasar yang
penting dalam menginterprestasikan kembali ajaran Islam.
3. Kekuasaan Negara harus di batasi konstitusi
yang sudah dibuat Negara bersangkutan.
4.
Memodernisasikan
sistem pendidikan Islam di al-azhar.
d. Gerakan Pembaharuan Muhammad Rasyid Rida
-
Sejarah singkat M. Rasyid Rida.
Rasyid
Rida dilahirkan di Al-Qalamun dipesisir laut tengah tanggal 25 september 1865
Masehi. Pendidikan bermula dari madrasah Al-Kitab di Al-Qalamun dan dilanjutkan
ke madrasah Rasyidiah di Tripoli disini ia belajar Nahwu, sharaf, berhitung
dasar-dasar geografi, akhidah, ibadah serta bahasa arab dan turki.
-
Peranan M. Rasyid Rida dalam pengembangan pemikiran M.
Abduh
Rasyid
Rida dalam pendidikan tingginya di al-azhar tahun 1898 Masehi dan berguru
kepada M. Abduh. M. Abduh bersama
Rasyid Rida menerbitkan majalah
al-azhar. Tafsir al-manar ini disusun Rasyid Rida berdasarkan
ceramah : M. Abduh.
-
Pemikiran Pembaharuan M. Rasyid Rida.
Diantara
ide–ide pemikiran pembaharuan Rasyid Rida adalah :
1. Sikap aktif dan dinamis dikalangan umat.
2. Umat islam harus meninggalkan sikap
fatalisme (jabariah).
3.
Akal dapat dipergunakan untuk menafsirkan ayat/hadits dengan tidak meningalkan
prinsip umum.
4. Umat Islam harus menguasai sains dan
teknologi jika ingin maju.
5. Kemunduran umat islam disebabkan banyaknya
unsur bid’ah dan khurafat yang masuk
kedalam ajaran Islam.
6.
Kebahagian didunia dan diakhirat diperoleh melalui hukum Islam yang diciptakan
Allah SWT.
7.
Perlu menghidupkan kembali system pemerintahan khalifah
8.
Khalifah adalah penguasa diseluruh dunia Islam yang mengurusi bidang agama dan
politik.
9.
Khalifah haruslah seorang mujtahid yang dibantu para ulama dalam menerapkan
prinsip hukum Islam sesuai dengan
tuntutan zaman.
e. MUSTAFA KEMAL ATTUTURK.
1.
Biografi Mustafa
Kemal.
Nama aslinya Mustafa lahir di selonika tahun 1881 Masehi.
Ayahnya bernama Ali Rezo, ibunya Zubayda. Kemal disekolahkan di lembaga
pendidikan tradisional yaitu Madrasah Fatima mallah Kudin kemudian di lanjutkan
sekolah umum Shemsi prestasi, ternyata di sekolah inilah sukses dalam belajar
dan memiliki aktivitas untuk menentang kekuatan absolute sultan Abdul Hamid.
Pada tahun 1920 masehi. Kemal menjadi ketua majlis
nasional agung melalui sidang di angkat, mengantarkannya menjadi seorang
presiden di Turki. Pemerintahannya diakui baik secara defakto maupun dejure.
2.
Usaha Kemal
Membentuk Republik Turki
Mustafa
Kemal mengubah turki menjadi Negara sekuler yang memberlakukan hukum sipil. System pendidikan bebas, melarang poligami.
Segala sesuatu yang bersifat tradisional ditingalkannya.
Pembaharuan-pembaharuan
yang dilakukan Kemal di Negara Republic Turki baru memproklamirkan tanggal 29
Oktober 1923 meliputi bidang politik, hukum , pendidikan, peradapan dan
ekonomi.
1)
Pembaharuan dalam
bidang politik
Keputusan
yang diambilnya antara lain:
a)
Kekuasaan tertinggi
terletak di tangan rakyat Turki.
b)
Majlis Nasional
agung merupakan perwakilan rakyat tertingi
c)
MNS bertugas sebagai badan legislatif dan badan
eksekutif.
d)
Majlis Negara yang anggota dipilih dari MNA akan
menjalankan tugas pemerintah.
e)
Ketua MNA merangkap
jabatan ketua majlis Negara.
2)
Pembaharuan dalam
bidang hukum dan pendidikan
Sebagai kelanjutan
sekularisasinya, Kemal menghapuskan kementrian urusan syari’at yang semula
dibentuk sebagai pengganti biro Syaikh
Al Islam lalu tahun 1926 Masehi hukum syari’at digantikan dengan UU sipil yang
diambil UU swiss.
Dihapusnya kementrian
syari’at itu bertujuan untuk memudahkan usaha Kemal menghilangkan pasal-pasal
dalam konstitusi 1921 M yang menyatakan bahwa Islam sebagai agama Negara.
Dalam bidang pendidikan,
langkah pembaharuan yang dilakukan Kemal adalah mengeluarkan dan memberlakukan
dokrin 7 Februari 1924 M. yang menjelaskan semua keagamaan dari sekolah sekolah
asing. Sekularisasi bidang pendidikan berikutnya terjadi pada tahun 1988 M
menghilangkan symbol peradapan Islam seperti bahasa arab dan bahasa Persia.
Pendidikan agama
disekolah-sekolah baik yang ada dikota maupun di desa dihapuskan. Pendidikan
agama hanyalah tanggung jawab orang tua.
3) Pembaharuan dalam bidang peradapan dan ekonomi
Westernisasi
dan sekularisme juga dalam peradapan dan ekonomi. Bidang peradapan, tahun 1925
M dilarangnya pemakaian terbus ( peci) dan diganti dengan topi barat.
Dalam
bidang ekonomi, Kemal membatasi diri untuk bekerja sama dengan barat dalam
bidang ekonomi. Ia tidak menginginkan negaranya di kuasai kekuasaan asing.
Kebijaksaan di era ekonomi antara lain : mengurangi pengeluaran / anggaran
militer menjadi rata-rata anggaran pengeluaran.
f. M. IQBAL
1.
Beografinya
M. Iqbal lahir tangal 22
Februari 1873 M/ 22 Zulhijjah 1289H. M. Iqbal memperoleh pendidikan di Sialkot,
Iqbal pendidikan lanjutan ke Scottish Mission School (SMS). Setelah
menyelesaikan studinya pada Geverment College. Iqbal ditunjuk sebagai penjabat
sejarah dan filsafat di Oriental Colegen Lahor
2.
Pemikiran M. Iqbal
a)
Pemikiran
pembaharuan dan politik M. Iqbal
Menurut pengamatan Iqbal .
kemunduran umat islam disebabkan oleh 3 faktor :
a.
Hancurnya Bagdad
yang telah menjadi pusat politik, kebudayaan dan kemajuan pemikiran umat islam
tahun 1258 M oleh seorang bangsa Mongol.
b.
Timbulnya paham
faralisme yang menyebabkan umat Islam pasrah pada nasib.
c. Sikap jumud ( statis ) dalam pemikiran umat
Islam.
Selain tiga faktor penyebab kemunduran di atas ada satu faktor
yang sangat kausal yaitu hilangnya semangat induktif dalam masyarakat Islam.
b)
Pemikiran M. Iqbal
tentang filsafat ego.
Para pakar menilai bahwa
filsafat ego M. Iqbal menerapkan respon atas adanya paham : baik dalam sitem
kepercayaan maupun dalam sistem filsafat yang mengajarkan penyangkalan diri dan
peniadaan diri.
-
Berikut yang
memperkuat ego manusia.
·
cinta (Isyg)
·
farg. Dapat
diartikan perasaan sama sekali tidak mengharapkan ganjaran yang akan diberikan.
·
Semangat/
keberanian
·
Kasbul halal
·
Bekerja orisil dan
kreatif
-
Faktor yang
melemahkan ego manusia.
·
Rasa takut
·
Suab / meminta
·
Perbudakan
·
Rasa bangga akan
keturunan
- Dalam perkembangan Islam
pada masa modren yang paling menonjol adalah perkembangan dibidang akidah
karena sebelumnya akidah islam telah dibelokkan kepada hal-hal yang
menyesatkan yang sangat bertentangan dengan akidah islam yang benar
- Sesuai dengan kondisi
tersebut muncul tokoh Islam untuk memperbaiki akidah umat Islam yaitu
Muhammad bin Abdul Wahab
- Agar Umat Islam kembali
kepada ajaran yang sebenarnya, umat
Islam harus kembali kepada ajaran al-qur’an dan sunnah dan
menghilangkan ajaran-ajaran yang bersumber kepada al-Qur’an dan sunnah
- Masa pembaruan merupakan
zaman kebangkitan umat Islam. Jatuhnya Mesir ke tangan barat menyadarkan
umat Islam bahwa di barat telah timbul peradaban baru yang lebih tinggi
dan merupakan ancaman bagi Islam. Raja-raja dan pemuka-pemuka Islam mulai
memikirkan cara untul meningkatkan mutu dan kekuatan umat Islam. Pemikiran
dan usaha pembaruan antara lain sebagai berikut.
- Kebangkitan Islam dibidang
pengetatahuan dimulai pada masa Usmani, dengan mengirim pemuda, pelajar
dan duta Islam ke Eropa untuk mempelajari kemajuan ilmu pengetahua di
Eropa
- Dalam bidang non militer,
pemikiran dan usaha pembaruan dicetuskan oleh Ibrahim Mutafarrika
(1670-1754 M). Ia memperkenalkan ilmu-ilmu pengetahuan modern dan kemajuan
barat kepada masyarakat turki yang disertai pula oleh usha penerjemahan
buku-buku barat ke dalam bahasa turki. Suatu badan penerjemah yang terdiri
atas 25 orang anggota dibentuk pada tahun 1717 M
- Kebangkitan Islam dibidang
ilmu pengetahuan ini dicetuskan oleh tokoh-tokoh umat Islam yang
menyadarkan umat Islam untuk bangkit dari keterpurukan dengan mendalami ilmu pengetahuan modren
ke Eropa, diantara tokoh tersebut adalah Jamaluddin Al-Afghani, Muhammad
Abduh, Muhammad Rasyid Ridha, Toha Husein dan lain sebagainya
- Kebudayaan turki merupakan
perpaduan antara kebudayaan Persia, Bizantium dan Arab. Dari kebudayaan Persia,
mereka banyak menerima ajaran-ajaran tentang etika dan tatakrama kehidupan
kerajaan atau organisasi pemerintahan. Prinsip kemiliteran mereka dapatkan
dari Bizantium, sedangkan dari Arab, mereka mendapat ajaran tentang
prinsip ekonomi, kemasyarakatan, dan ilmu pengetahuan.
9. Imprealisme barat dimulai
sejak masa kemunduran dunia islam terutama awal Abad 18.kemunduran
yang dialami dunia islam Nampak berbagai kondisi kehidupan kaum muslimin.
10. secara garis besar
kondisi dunia islam menjelang kehadiran bangsa eropa:
a
. Krisis politik berupa pertikaian dan
perpecahan antar umat islam
b.
kemerosotan ekonomi
c.
kemunduran ilmu pengetahuan yang ditandai dengan mandeknya ilmu
pengetahuaan .
d. kerusakan aqidah
11.Motivasi bangsa eropa menjajah dunia
islam
a,motivasi ekonomi (gold)
b.politik (glory)
c.agama(gospel)
12. Dampak
penjajahan bangsa
barat:kemiskinan,kebodohan,dan keterbelakangan
13. Muhammad bin abdul wahab adalah pendiri
gerakan wahabi yang dilahir di daerah Unayyah
Nadj Saudu Arabia tahun 1703 m wafat 1791 m.
14. M.bin Abdil Wahab mulai melancarkan
gerakan pada usia 20-an.Fokus utama gerakan tersebut adalah permurnian pada
tauhid umat islam yang dianggap telah banyak menyimpang.
15. Diantara pokok pemikirannya adalah :
permurnian ajaran tauhid umat islam,terbukanya pitu ijtihad taklid pada ulama
tidak di benarkan,penetepan hokum islam harusn merujuk pada al qur’an dan
hadits ,tawasul dan bid’ah.
16. Pemikiran m.bin abdul wahab tidak hanya
berpengaruh di kawasan jazirah arab namun juga meluas ke dunia islam lainnya
17.Jamaludin al afghani adalah seseorang
pemimpin pembaharuan islam yang lahir di afganistan 1839M.
18. Keterlibatanya di dalam politik diwali
ketika iya menjadi penesehat pengeran dost m.khan di afganistan.tahun 1864
menjadi penasehat sir ali khan.
19. Diantara pemikiran-pemikiran pembaruan
jamaludin al afghani:
a.dokrin kesesuain ajaran islam dengan
semua bangsa,semua zaman ,dan semua keadaan .
b. Pentingnya penafsiran baru terhadap
pemikiran yang berkembang di dunia islam melalui ijtihat agar tetap relevan
dengan perkembangan zaman
c. Reformasi pemerintahan dari otokrasi
menuju demokrasi melalui jalan musyawarah bersama antara rakyat dengan para pemimpin .
d. sifat dinamis islam yang selalu bergerak
kea rah kemajuan dan meninggalkan paham statis yang membelenggu umat islam.
e. Pan-islamisme :gagasan mengenai kesatuan
solidaritas umat islam yang melampaui batasan etnis,bahasa,politik dan geografi
berlandaskan ajaran ukhuwah islamiyah dan kesamaan identitas agama sebagai
muslim.
20. Ide-ide jamaludin al afghani sangat
berpengaruh terhadap gerakan pembaruaan islam berikutnya di dunia islam
terutama lewat murid-muridnya semisal muhamad abduh.idenya tentang
pan-islamisme juga membangkitkan perlawanan negeri islam terhadap impeialisme
eropa.
21. Muhamad abduh adalah seorang ulama
besar pembaru islam kelahiran mesir tahun 1849M.ia lahir dimasa pemerintahan
muhamad ali yang otoriter,dari keluarga berpendidikan dan taat beragama.ia bukan
hanya tokoh pembaru tetapi juga pendidik,politisi,jurnalis,dan mufti yang
berjasa dalam menyebarkan ide ide modernisasi. Islam.
22.Diantara ide ide pembaruan muhamad abduh
adalah mengenai renformasi agama dari unsure unsure yang bersumber dari luar ajaran
islam semajcam taklid,bidah,dan khurafat.selanjutnya ia juga berusaha melakukan
modernisasi sitem dan kurikulum pendidikan islam,pembaruan hokum islam
penafsiran baru terhadap ajaran islam sesuai kemajuan zaman,dan reformasi
ketata negaraansesuai dengan semangat dasar ajaran islam.ide-ide tersebut juga
mengispirasi gerakan serupa di berbagai kawasan dunia islam termasuk di
Indonesia melalui gerakan-gerakan modern islam seperti muhamadiyah dan persis.
23. Rasyid ridha adalah ulama pembaru islam
di mesir setelah muhamad abduh yang lahir di desa qalamun Lebanon pada tahun
1865 M.ia merupakan murid,sahabat,dan pelanjut gerakan pembaruanyang dirintis
Muhammad abduh.ia berasal dari keluarga terhormat ,taat beragama dan
berpendidikan yang masih keturan nabi dari garis Husain bin ali bin abi thalib sehingga ia bergelar sayyid.
24. pada tahun 1899 M rasyid ridha
menerbitkan majalah al manar yang mengantikan majalah urwatul wusqa yang
berhenti terbit.majalah ini menjadi corong utama gagasan gagasan modern gurunya.muhammad
abduh,dan para tokoh gerakan modern islam lain nya.salah satu rubric utamanya
adalah tafsir al-quran yang berasal dari perkuliahan tafsir yang disampaikan
muhamad abduh di al-azhar.kelak,kolom ini di himpun menjadi karya tafsir
terkenal yakni kitab tafsir al manar.
25. Tafsir al manar adalah kitab yang
disusun oleh muhamad abduh dan rasyid ridha.tokoh pertama hanya merampungkan
hingga jilid111 kitab ini karena lebih dahulu wafat pada tahun 1905.
26. Rasyid ridha berjasa besar dalam
mengembangkan ide ide muhamad abduh dalam bidang keagamaan,pendidikan,dan
politik.pada bidan keagamaan,sebagaimana muhamad abduh,ia menganjurkan kegiatan
pemurniaan islam sesuai al quran dan hadis seta informasi hokum islam sesuai
tantangan zaman.
27. Mustafa kemal Attaturk adalah bapak
pendiri turki modern sekaligus presiden republic turki yangb pertama.Ia lahir
di Salonika 1881M karir politiknya makin terasah setelah bergabung dengan
partai persatuan dan kemajuan pimpina Enver bey.Mustafa lebih cendrung kepada nasionalis
radikal. Mustafa kemal berhasil membentuk majlis nasional agung tahun
1920M.Pada tanggal 29 oktober 1923 majlis nasional agung memproklamirkan
berdirinya nega rewpublik turki dengan Mustafa kemal di pilih sebagai presiden
pertama sepanjang hidupnya.Selama menjadi presiden Turki Mustafa kemal
melakukan pembaruan dengan ide dasrnya adlah nasionalisme,westernisme dan
sekulerisme.
28. Muhammad iqbal adalah bapak
pendiri republik islam pakistan, ia
pembaharu pemikiran islam awal abad ke 20.ia lahir di Sialkot Punjab tanggal 22
februari 1873 dan wafat 21 april 1938 di Lahore.Menurut iqbal kumunduran umat
Islam di sebab kan oleh 3 faktor.
29. Hancurnya bagdad pada pertengahan abad
13 mengakibatkan pemikiran ulama terfoku
1. Pada masalah ketertiban social.
2. Timbulnya paham fatalisme yang
menyebabkan umat islam pasrah pada nasib.
3. Sikap jumud (statis) dalam pemikiran umat islam.
30. Sedang pemikiran M .Iqbal yang
berkaitan dengan usaha memajukan umat
islam adalah :
a. Umat islam India perlu mengembangkan
konsep ijtihat dan paham dinamisme Islam.
b. Perlunya Negara tersendiri bagi umat
islam India yang terpisah dari umat Hindu.
Post a Comment Blogger Facebook