1.Peristiwa-peristiwa pada masa modren
Secara teori, priode modern dalam sejarah Islam dimulai sejak tahun 1800 Masehi hingga kini. Secara kondisi dunia Islam berada dibawah penetrasi bangsa barat.
Pada periode modern, kebangkitan itu di tandai dengan banyak bermunculannya pemikiran pembaharuan dalam dunia Islam.

 Muculnya gerakan pembaharuan  dalam dunia Islam disebabkan oleh 2 faktor :
a.       Timbulnya kesadaran dikalangan ulama bahwa banyak ajaran asing yang masuk dan diterima oleh masyarakat muslim sebagai ajaran Islam.
b.      Pada periode ini, bangsa barat mendominasi dunia baik dalam bidang politik, ekonomi, perdagangan dan peradapan dunia.
Pada bab sebelumnya, kalian telah mengikuti ulasan tentang perkembangan Islam pada abad pertengahan( 1200-1800 ).
Dari ulasan bab. Kamu dapat mengetahui bahwa meliputi beberapa kerajaan Islam mampu mengukir berbagai prestasi, namun secara umum umat Islam pada rentang masa itu  terus mengalami kemunduran terutama dibidang ilmu pengetahuan.

 Penjajahan Bangsa Barat terhadap dunis Islam
Setelah kebangkitan itu, Eropa kemudian mulai berkeinginan untuk mengadakan penjelajahan ke dunia luar. Spanyol, Portugal, Prancis, Belanda, Inggris dan Negara Eropa lainnya.
Para penjelajah seperti Bartholomeus Diaz, Cristoper Columbus dan Vasco Dagama mampu membuka harapan baru dikalangan bangsa barat. Mereka menemukan daratan daratan baru seperti benua Amerika.
Penjelajahan yang mereka lakukan hanya digunakan sebagai media untuk memantau Negara-negara yang mereka lewati.
Dengan memahami karakteristik Negara-negara yang pernah mereka temui, maka penaklukan dan pendudukan akan dengan mudah mereka lakukan. Dengan adanya dukungan revolusi industry, para penjelajah itu akhirnya dapat menguasai negara-negara yang mayoritas berpenduduk muslim.
Menjadi sasaran Prancis  menjajah Maroko, Aljazair, Tunisia, Libya, Lebanon, dan lain-lain. , Inggris  menjajah Mesir, Irak, Yaman, Iran, Afganistan dan India.
Ketika dunia Islam mengalami kemunduran, bangsa Eropa mengalami perubahan, abad 16 & 17 Masehi, Eropa mengalami kemajuan dalam bidang industry, teknologi, ilmu pengetahuan dan sebagainya. Mereka mulai mengembangkan sains dan teknologi yang mereka pelajari dari dunia Islam, khususnya di Universitas yang ada di Spanyol (Cordova, Gronada, Seville, Teledo).
Kajian yang mereka lakukan menghasilkan temuan luar biasa yang melahirkan suatu periode yaitu renaisans di Eropa. Kenyataan tersebut diperkuat dengan ditemukannya mesin uap, sebuah hasil revolusi industry yang sangat revolusioner ketika itu. Setelah itu, Eropa semakin terdorong untuk menjelajahi samudera (dunia) guna memperoleh dan menguasai jalur perdagangan internasional.
Dengan kemunduran dan kejatuhan Negara-negara adikuasa Islam, wilayah kekuasaan dunia Islam jatuh dalam pendudukan bangsa barat. Keadaan menyedihkan terus menghinggapi dunia Islam, karena abad ke 19 & 20 dapat disebut sebagai abad kemajuan kolonialisme dan imprealisme barat. Pada abad ini hampir seluruh dunia Islam berada dalam cengkraman bangsa barat.
Dunia Islam yang pertama kali mengalami penetrasi dan penjajahan bangsa barat adalah India dan Malaka yang berada dibawah kekuasaan Inggris.
Penetrasi dan penjajahan kolonial barat yang melibatkan banyak Negara berkembang sangat pesat. Sehingga dunia Islam bukan saja dipecah-pecah oleh penjajah, juga sebagai mangsa politik ekonomi mereka.

  Motivasi dan tujuan bangsa barat menjajah dunia Islam

Ada tiga macam motivasi bangsa Barat terhadap dunia Islam yaitu :
a. Motivasi Ekonomi
b. Motivasi Politik
c. Motivasi Agama  

  Dampak  penjajahan bangsa barat terhadap dunia Islam
Tidak dapat dipungkiri bangsa kolonialisasi telah berdampak negatif yang sangat mendalam pada msyarakat Islam. Selama masa penjajahan orang Islam harus berkorban dalam medan perang.
Pemerintah kolonial  telah melumpuhkan masyarakat muslim. Membekukan pemikiran dan menguburkan kejayaan Islam masa lalu, lebih buruk lagi kolonial telah merusak rasa percaya diri orang Islam. Penjajahan bangsa barat terhadap dunia Islam juga meningalkan  moral yang rusak, pengaruh lain yang ditinggalkan bangsa barat di dunia Islam adalah nasionalisme. Nasionalisme merupakan salah satu politik dalam memecah belak kesatuan dan kekuatan Islam serta memudahkan mereka membagi-bagi wilayah Islam.


2. Tokoh-tokoh yang berprestasi dalam perkembangan Islam pada masa modren

Diantara tokoh Islam dalam pembaharuan anatara lain:
a. Gerakan Wahabi
-          Sejarah Singkat Muhamad Bin Abdul Wahab.
Muhammad Bin Abdul Wahab lahir di Uyainah, daerah Nejed tahun 1115 hijriyah , wafat tahun 1206 hijriyah. Muhammad Bin Abdul Wahab dibesarkan dan dididik ayahnya sendiri. Ayahnya seorang faqih (ahli fikih) dan kadi (Hakim) bermazhab Hambali, suatu aliran yang menjadi rujukan pendapat Nejed pada umumnya.
Sejak kecil Muhammad Bin Abdul Wahab sudah mampu menghafal dan memahani apa yang dibacanya, pada usia 9 tahun ia sudah hafal Al_Qur’an 30 Juz. Ia berguru kepada Syaikh Sulaiman Al-Kurdi dan Muhammad Hayat Al-Sindi. Dari kedua gurunya inilah ia mrndapati pelajaran tentang bermacam-macam bid’ah dan bahayanya.

-          Gerakan Pembaharuan Muhammad Bin Abdul Wahab
Muhammad Abdul Wahab diasuh dalam lingkungan penganut mazhab Hambali terdapat 3 faktor yang menjadi latar belakang munculnya gerakan pembaharuan M. Abdul wahab.
1. Muh. Bin Abdul Wahab lahir dalam lingkungan yang memiliki basis agama yang cukup kuat.
2.  Pengaruh gurunya terutama Hayyat dan Ibn Sayf.
3.  Kondisi  sosiologi dan religious dan daerah–daerah yang dikunjungi sangat memperhatikan terutama  paham tauhid yang banyak menyimpang di ajaran Islam.

-          Adapun Pemikiran pemikiran M. Abdul Wahab adalah :
a.       Tauhid
Tauhid adalah tema sentral dalam penilaian M. Bin Abdul Wahab menurutnya tauhid yakni Al-Ibadah/ pengabdian kepada Allah. La Illaha Illallah bahwa hanya Allahlah yang mempunyai kekuasaan hakiki dan hanya Allah pula-lah yang patut di sembah.
b.      Terbukanya pintu ijtihad dan melarang taqlid
Dengan terbukanya pintu ijtihad maka M. Bin Abdul Wahab melarang umat Islam untuk taqlid kepada para ulama.
c.       Menetapkan hukum Islam harus merujuk kepada Al-Qur’an dan Hadits.
d.      Tawassul dan Bid’ah.

b. Gerakan Jamaluddin Al-Afgani
-          Beografi Jamaluddin
Nama Aslinya Muh. Ibnu Safdar Al_Husainy, lahir di Asadabad pada tahun 1838 Masehi. Kawasan disirik Kabul bagian timur Afganistan wafat pada tahun 1897 Masehi di Iran dalam status tahanan politik , sejak kecilinya sudah belajar membaca Al-Qur’an dan bahasa arab.
Perjalanan karir Al-Afgani di mulai ketika berusia 20 tahun. Ia telah menjadi staf utama pangeran Dost Muhammad Khan di Afganistan tahun 1864 Masehi, ia menjadi penasehat Sir Alikhan, beberapa tahun kemudian ia diangkat menjadi perdana menteri oleh M. Azam Khan. Ia terlibat berbagai aktivitas sosial, politik sampai akhirnya terusir dari mesir tahun 1879. Al-Afgani pergi beberapa Negara Eropa seperti Prancis dan Inggris. Ia juga sempat mendirikan sebuah organisasi bernama Urwatul Wusqa ( ikatan yang kokoh ) dan majalah dengan nama Urwatul wusqa.


-          Peran Jamaluddin dibidang politik
Dikalangan umat Islam, Jamaluddin lebih dikenal sebagai pemimpin pergerakan politik dari pada sebagai pemikir reformis dan modernisasi dalam Islam. Jamaluddin Al-Afgani berkeinginan tinggi bahwa suatu saat umat Islam mampu membuka jalan dan dapat membendung dan mengatasi pengaruh barat. Oleh sebab itu ia memilih jalan hidupnya sebagai politikus, keterlibatannya dalam politik, memudahkan Jamaluddin untuk membangun hub akrab dengan beberapa pemimpin Negara Islam.
Murtada Mutahari, pemikir kontemporer dari Iran mengatakan bahwa politik Jamaluddin Al-Afgani sebagai berikut :
a.  Mengadakan perjuangan melawan obsolutisme pemerintah.
b. Mengejar ketertinggalan umat Islam dalam bidang pengetahuan, sains dan teknologi modern.
c.  Mengembalikan pemahaman umat Islam terhadap ajaran sumber aslinya.
d.  Berjuang melawan kolonialisme asing.
e.  Membangkitkan slogan persatuan Islam

-          Konsep Pan Islamisme Jamaluddin Al-Afgani.
Gerakan Pan Islamisme didirikan oleh Jamaluddin Al-Afgani yang berpusat di Kabul.
Pokok –pokok ajaran Jamaluddin Al-Afgani
1.    Mengugah rasa solidaritas mukmin seluruh dunia.
2.   Nasrani sekalipun berbeda keturunan dan bangsa, ketika menghadapi timur ( Islam) dapat bersatu untuk menghancurkan dunia Islam
3. Mengenyahkan segala bentuk fanatisme golongan dan nasionalisme kebangsaan untuk mengalang kekuatann guna mengusir segala bentuk inprealisme barat
4.  Bersatunya umat Islam yang tidak mengenal suku bangsa akan menciptakan suatu peradapan yang maju.
-          Meneladani sikap Jamaluddin .
Sikap Jamaluddin Al–Afgani sebagai seorang nasionalisme, pemikir dan pembaharuan yang patut di teladani. Setidaknya ada 3 faktor yaitu :
a. Seorang pengagas pan Islamisme, nasionalisme, anti kolonialisme dan modernis Islam
b.   Seorang orator dan pembicara yang kharismatik.
c. Sering berkunjung ke Negara Islam memungkinkan untuk menyebarkan gagasannya.
d.  Menyerukan persatuan dan kesatuan sebagai sendi umat Islam.
e.  Menafsirkan kembali nilai-nilai Islam

c. Gerakan Pembaharuan Muhammad Abduh
-          Sejarah singkat M. Abduh.
M. Abduh lahir di Mesir tahun 1849 Masehi. Ayahnya Abduh Hasan Khairullah berasal dari Turki, sedangkan ibunya seorang Arab. M. Abduh termasuk anak yang cerdas. Ketika di al-azhar ia bertemu dengan Jamaluddin Al-Afgani yang datang ke mesir. Setelah menamatkan studynya di al-azhar tahun 1877 Masehi.

-          Peranan M. Abduh Dibidang Politik.
Sebagai rektor, ia memasukkan kurikulum filsafat dalam pendidikan di al-azhar. Upaya itu dilakukan untuk mengubah cara berfikir orang orang al-azhar. Keterlibatan Abduh dalam kancah politik memang tidak sepopuler Al-Afgani sedikit banyak abduh terlibat dalam pergolakan politik dinegerinya. Terutama   pekerjaan yang ditekuninya sebagai dosen, jurnalistik, ulama maupun tokoh masyarakat ia bahkan ikut dalam gerakan menentang penjajahan maupun penguasa yang bersekutu dengannya.

-          Pemikiran M. Abduh.
Diantara ide pembahasan yang dicanangkan M. Abduh antara lain:
1.      Penghapusan paham jumud yang berkembang didunia Islam saat itu.
2.      Pembukaan pintu ijtihad sebagai dasar yang penting dalam menginterprestasikan kembali ajaran Islam.
3.      Kekuasaan Negara harus di batasi konstitusi yang sudah dibuat Negara bersangkutan.
4.      Memodernisasikan sistem pendidikan Islam di al-azhar.

d. Gerakan Pembaharuan Muhammad Rasyid Rida

-          Sejarah singkat M. Rasyid Rida.
Rasyid Rida dilahirkan di Al-Qalamun dipesisir laut tengah tanggal 25 september 1865 Masehi. Pendidikan bermula dari madrasah Al-Kitab di Al-Qalamun dan dilanjutkan ke madrasah Rasyidiah di Tripoli disini ia belajar Nahwu, sharaf, berhitung dasar-dasar geografi, akhidah, ibadah serta bahasa arab  dan turki.

-          Peranan M. Rasyid Rida dalam pengembangan pemikiran M. Abduh
Rasyid Rida dalam pendidikan tingginya di al-azhar tahun 1898 Masehi dan berguru kepada M. Abduh. M. Abduh bersama  Rasyid Rida  menerbitkan majalah al-azhar. Tafsir al-manar ini disusun Rasyid Rida berdasarkan ceramah : M. Abduh.
                                                                    
-          Pemikiran Pembaharuan M. Rasyid Rida.
Diantara ide–ide pemikiran pembaharuan Rasyid Rida adalah :
1.  Sikap aktif dan dinamis dikalangan umat.
2.   Umat islam harus meninggalkan sikap fatalisme (jabariah).
3. Akal dapat dipergunakan untuk menafsirkan ayat/hadits dengan tidak meningalkan prinsip umum.
4.   Umat Islam harus menguasai sains dan teknologi jika ingin maju.
5.  Kemunduran umat islam disebabkan banyaknya unsur  bid’ah dan khurafat yang masuk kedalam ajaran Islam.
6. Kebahagian didunia dan diakhirat diperoleh melalui hukum Islam yang diciptakan Allah SWT.
7. Perlu menghidupkan kembali system pemerintahan khalifah
8. Khalifah adalah penguasa diseluruh dunia Islam yang mengurusi bidang agama dan politik.
9. Khalifah haruslah seorang mujtahid yang dibantu para ulama dalam menerapkan prinsip  hukum Islam sesuai dengan tuntutan zaman.

e. MUSTAFA KEMAL ATTUTURK.

1.      Biografi Mustafa Kemal.
Nama aslinya Mustafa lahir di selonika tahun 1881 Masehi. Ayahnya bernama Ali Rezo, ibunya Zubayda. Kemal disekolahkan di lembaga pendidikan tradisional yaitu Madrasah Fatima mallah Kudin kemudian di lanjutkan sekolah umum Shemsi prestasi, ternyata di sekolah inilah sukses dalam belajar dan memiliki aktivitas untuk menentang kekuatan absolute sultan Abdul Hamid.
Pada tahun 1920 masehi. Kemal menjadi ketua majlis nasional agung melalui sidang di angkat, mengantarkannya menjadi seorang presiden di Turki. Pemerintahannya diakui baik secara defakto maupun dejure.
2.      Usaha Kemal Membentuk Republik Turki
Mustafa Kemal mengubah turki menjadi Negara sekuler yang memberlakukan hukum sipil. System pendidikan bebas, melarang poligami. Segala sesuatu yang bersifat tradisional ditingalkannya.
Pembaharuan-pembaharuan yang dilakukan Kemal di Negara Republic Turki baru memproklamirkan tanggal 29 Oktober 1923 meliputi bidang politik, hukum , pendidikan, peradapan dan ekonomi.
1)      Pembaharuan dalam bidang politik
Keputusan yang diambilnya antara lain:
a)      Kekuasaan tertinggi terletak di tangan rakyat Turki.
b)      Majlis Nasional agung merupakan perwakilan rakyat tertingi
c)      MNS bertugas sebagai badan legislatif dan badan eksekutif.
d)     Majlis Negara yang anggota dipilih dari MNA akan menjalankan tugas pemerintah.
e)      Ketua MNA merangkap jabatan ketua majlis Negara.
2)      Pembaharuan dalam bidang hukum dan pendidikan
Sebagai kelanjutan sekularisasinya, Kemal menghapuskan kementrian urusan syari’at yang semula dibentuk  sebagai pengganti biro Syaikh Al Islam lalu tahun 1926 Masehi hukum syari’at digantikan dengan UU sipil yang diambil UU swiss.
Dihapusnya kementrian syari’at itu bertujuan untuk memudahkan usaha Kemal menghilangkan pasal-pasal dalam konstitusi 1921 M yang menyatakan bahwa Islam sebagai agama Negara.
Dalam bidang pendidikan, langkah pembaharuan yang dilakukan Kemal adalah mengeluarkan dan memberlakukan dokrin 7 Februari 1924 M. yang menjelaskan semua keagamaan dari sekolah sekolah asing. Sekularisasi bidang pendidikan berikutnya terjadi pada tahun 1988 M menghilangkan symbol peradapan Islam seperti bahasa arab dan bahasa Persia.
Pendidikan agama disekolah-sekolah baik yang ada dikota maupun di desa dihapuskan. Pendidikan agama hanyalah tanggung jawab orang tua.

3)      Pembaharuan dalam bidang  peradapan dan ekonomi
Westernisasi dan sekularisme juga dalam peradapan dan ekonomi. Bidang peradapan, tahun 1925 M dilarangnya pemakaian terbus ( peci) dan diganti dengan topi barat.
Dalam bidang ekonomi, Kemal membatasi diri untuk bekerja sama dengan barat dalam bidang ekonomi. Ia tidak menginginkan negaranya di kuasai kekuasaan asing. Kebijaksaan di era ekonomi antara lain : mengurangi pengeluaran / anggaran militer menjadi rata-rata anggaran pengeluaran.

f.  M. IQBAL

1.      Beografinya
M. Iqbal lahir tangal 22 Februari 1873 M/ 22 Zulhijjah 1289H. M. Iqbal memperoleh pendidikan di Sialkot, Iqbal pendidikan lanjutan ke Scottish Mission School (SMS). Setelah menyelesaikan studinya pada Geverment College. Iqbal ditunjuk sebagai penjabat sejarah dan filsafat di Oriental Colegen Lahor
2.      Pemikiran M. Iqbal
a)    Pemikiran pembaharuan dan politik M. Iqbal
Menurut pengamatan Iqbal . kemunduran umat islam disebabkan oleh 3 faktor :
a.       Hancurnya Bagdad yang telah menjadi pusat politik, kebudayaan dan kemajuan pemikiran umat islam tahun 1258 M oleh seorang bangsa Mongol.
b.      Timbulnya paham faralisme yang menyebabkan umat Islam pasrah pada nasib.
c.       Sikap jumud ( statis ) dalam pemikiran umat Islam.
Selain tiga faktor penyebab kemunduran di atas ada satu faktor yang sangat kausal yaitu hilangnya semangat induktif dalam masyarakat Islam.
b)   Pemikiran M. Iqbal tentang filsafat ego.
Para pakar menilai bahwa filsafat ego M. Iqbal menerapkan respon atas adanya paham : baik dalam sitem kepercayaan maupun dalam sistem filsafat yang mengajarkan penyangkalan diri dan peniadaan diri.
-          Berikut yang memperkuat ego manusia.
·         cinta (Isyg)
·         farg. Dapat diartikan perasaan sama sekali tidak mengharapkan ganjaran yang akan diberikan.
·         Semangat/ keberanian
·         Kasbul halal
·         Bekerja orisil dan kreatif

-          Faktor yang melemahkan ego manusia.
·         Rasa takut
·         Suab / meminta
·         Perbudakan
·         Rasa bangga akan keturunan

d.      Rangkuman
  1. Dalam perkembangan Islam pada masa modren yang paling menonjol adalah perkembangan dibidang akidah karena sebelumnya akidah islam telah dibelokkan kepada hal-hal yang menyesatkan yang sangat bertentangan dengan akidah islam yang benar
  2. Sesuai dengan kondisi tersebut muncul tokoh Islam untuk memperbaiki akidah umat Islam yaitu Muhammad bin Abdul Wahab
  3. Agar Umat Islam kembali kepada ajaran yang sebenarnya, umat  Islam harus kembali kepada ajaran al-qur’an dan sunnah dan menghilangkan ajaran-ajaran yang bersumber kepada al-Qur’an dan sunnah
  4. Masa pembaruan merupakan zaman kebangkitan umat Islam. Jatuhnya Mesir ke tangan barat menyadarkan umat Islam bahwa di barat telah timbul peradaban baru yang lebih tinggi dan merupakan ancaman bagi Islam. Raja-raja dan pemuka-pemuka Islam mulai memikirkan cara untul meningkatkan mutu dan kekuatan umat Islam. Pemikiran dan usaha pembaruan antara lain sebagai berikut.
  5. Kebangkitan Islam dibidang pengetatahuan dimulai pada masa Usmani, dengan mengirim pemuda, pelajar dan duta Islam ke Eropa untuk mempelajari kemajuan ilmu pengetahua di Eropa
  6. Dalam bidang non militer, pemikiran dan usaha pembaruan dicetuskan oleh Ibrahim Mutafarrika (1670-1754 M). Ia memperkenalkan ilmu-ilmu pengetahuan modern dan kemajuan barat kepada masyarakat turki yang disertai pula oleh usha penerjemahan buku-buku barat ke dalam bahasa turki. Suatu badan penerjemah yang terdiri atas 25 orang anggota dibentuk pada tahun 1717 M
  7. Kebangkitan Islam dibidang ilmu pengetahuan ini dicetuskan oleh tokoh-tokoh umat Islam yang menyadarkan umat Islam untuk bangkit dari keterpurukan  dengan mendalami ilmu pengetahuan modren ke Eropa, diantara tokoh tersebut adalah Jamaluddin Al-Afghani, Muhammad Abduh, Muhammad Rasyid Ridha, Toha Husein dan lain sebagainya
  8. Kebudayaan turki merupakan perpaduan antara kebudayaan Persia, Bizantium dan Arab. Dari kebudayaan Persia, mereka banyak menerima ajaran-ajaran tentang etika dan tatakrama kehidupan kerajaan atau organisasi pemerintahan. Prinsip kemiliteran mereka dapatkan dari Bizantium, sedangkan dari Arab, mereka mendapat ajaran tentang prinsip ekonomi, kemasyarakatan, dan ilmu pengetahuan.
    9. Imprealisme barat dimulai sejak masa kemunduran dunia islam terutama awal Abad  18.kemunduran yang dialami dunia islam Nampak berbagai kondisi kehidupan kaum muslimin.
10. secara garis besar kondisi dunia islam menjelang kehadiran bangsa eropa:
 a .  Krisis politik berupa pertikaian dan perpecahan antar umat islam
 b.   kemerosotan ekonomi
 c.   kemunduran ilmu pengetahuan yang ditandai dengan mandeknya ilmu pengetahuaan .
d. kerusakan aqidah
11.Motivasi bangsa eropa menjajah dunia islam
 a,motivasi ekonomi (gold)
 b.politik (glory)
 c.agama(gospel)
12.  Dampak penjajahan bangsa  barat:kemiskinan,kebodohan,dan keterbelakangan
13. Muhammad bin abdul wahab adalah pendiri gerakan wahabi yang dilahir di daerah Unayyah  Nadj Saudu Arabia tahun 1703 m wafat 1791 m.
14. M.bin Abdil Wahab mulai melancarkan gerakan pada usia 20-an.Fokus utama gerakan tersebut adalah permurnian pada tauhid umat islam yang dianggap telah banyak menyimpang.
15. Diantara pokok pemikirannya adalah : permurnian ajaran tauhid umat islam,terbukanya pitu ijtihad taklid pada ulama tidak di benarkan,penetepan hokum islam harusn merujuk pada al qur’an dan hadits ,tawasul dan bid’ah.
16. Pemikiran m.bin abdul wahab tidak hanya berpengaruh di kawasan jazirah arab namun juga meluas ke dunia islam lainnya
17.Jamaludin al afghani adalah seseorang pemimpin pembaharuan islam yang lahir di afganistan 1839M.
18. Keterlibatanya di dalam politik diwali ketika iya menjadi penesehat pengeran dost m.khan di afganistan.tahun 1864 menjadi penasehat sir ali khan.
19. Diantara pemikiran-pemikiran pembaruan jamaludin al afghani:
a.dokrin kesesuain ajaran islam dengan semua bangsa,semua zaman ,dan semua keadaan .
b. Pentingnya penafsiran baru terhadap pemikiran yang berkembang di dunia islam melalui ijtihat agar tetap relevan dengan perkembangan zaman
c. Reformasi pemerintahan dari otokrasi menuju demokrasi melalui jalan musyawarah  bersama antara rakyat dengan para pemimpin .
d. sifat dinamis islam yang selalu bergerak kea rah kemajuan dan meninggalkan paham statis yang membelenggu umat islam.
e. Pan-islamisme :gagasan mengenai kesatuan solidaritas umat islam yang melampaui batasan etnis,bahasa,politik dan geografi berlandaskan ajaran ukhuwah islamiyah dan kesamaan identitas agama sebagai muslim.
20. Ide-ide jamaludin al afghani sangat berpengaruh terhadap gerakan pembaruaan islam berikutnya di dunia islam terutama lewat murid-muridnya semisal muhamad abduh.idenya tentang pan-islamisme juga membangkitkan perlawanan negeri islam terhadap impeialisme eropa.
21. Muhamad abduh adalah seorang ulama besar pembaru islam kelahiran mesir tahun 1849M.ia lahir dimasa pemerintahan muhamad ali yang otoriter,dari keluarga berpendidikan dan taat beragama.ia bukan hanya tokoh pembaru tetapi juga pendidik,politisi,jurnalis,dan mufti yang berjasa dalam menyebarkan ide ide modernisasi. Islam.
22.Diantara ide ide pembaruan muhamad abduh adalah mengenai renformasi agama dari unsure unsure yang bersumber dari luar ajaran islam semajcam taklid,bidah,dan khurafat.selanjutnya ia juga berusaha melakukan modernisasi sitem dan kurikulum pendidikan islam,pembaruan hokum islam penafsiran baru terhadap ajaran islam sesuai kemajuan zaman,dan reformasi ketata negaraansesuai dengan semangat dasar ajaran islam.ide-ide tersebut juga mengispirasi gerakan serupa di berbagai kawasan dunia islam termasuk di Indonesia melalui gerakan-gerakan modern islam seperti muhamadiyah dan persis.
23. Rasyid ridha adalah ulama pembaru islam di mesir setelah muhamad abduh yang lahir di desa qalamun Lebanon pada tahun 1865 M.ia merupakan murid,sahabat,dan pelanjut gerakan pembaruanyang dirintis Muhammad abduh.ia berasal dari keluarga terhormat ,taat beragama dan berpendidikan yang masih keturan nabi dari garis Husain  bin ali bin abi thalib sehingga ia bergelar sayyid.
24. pada tahun 1899 M rasyid ridha menerbitkan majalah al manar yang mengantikan majalah urwatul wusqa yang berhenti terbit.majalah ini menjadi corong utama gagasan gagasan modern gurunya.muhammad abduh,dan para tokoh gerakan modern islam lain nya.salah satu rubric utamanya adalah tafsir al-quran yang berasal dari perkuliahan tafsir yang disampaikan muhamad abduh di al-azhar.kelak,kolom ini di himpun menjadi karya tafsir terkenal yakni kitab tafsir al manar.
25. Tafsir al manar adalah kitab yang disusun oleh muhamad abduh dan rasyid ridha.tokoh pertama hanya merampungkan hingga jilid111 kitab ini karena lebih dahulu wafat pada tahun 1905.
26. Rasyid ridha berjasa besar dalam mengembangkan ide ide muhamad abduh dalam bidang keagamaan,pendidikan,dan politik.pada bidan keagamaan,sebagaimana muhamad abduh,ia menganjurkan kegiatan pemurniaan islam sesuai al quran dan hadis seta informasi hokum islam sesuai tantangan zaman.
27. Mustafa kemal Attaturk adalah bapak pendiri turki modern sekaligus presiden republic turki yangb pertama.Ia lahir di Salonika 1881M karir politiknya makin terasah setelah bergabung dengan partai persatuan dan kemajuan pimpina Enver bey.Mustafa lebih cendrung kepada nasionalis radikal. Mustafa kemal berhasil membentuk majlis nasional agung tahun 1920M.Pada tanggal 29 oktober 1923 majlis nasional agung memproklamirkan berdirinya nega rewpublik turki dengan Mustafa kemal di pilih sebagai presiden pertama sepanjang hidupnya.Selama menjadi presiden Turki Mustafa kemal melakukan pembaruan dengan ide dasrnya adlah nasionalisme,westernisme dan sekulerisme.
28. Muhammad iqbal adalah bapak pendiri  republik islam pakistan, ia pembaharu pemikiran islam awal abad ke 20.ia lahir di Sialkot Punjab tanggal 22 februari 1873 dan wafat 21 april 1938 di Lahore.Menurut iqbal kumunduran umat Islam di sebab kan oleh 3 faktor.
29. Hancurnya bagdad pada pertengahan abad 13 mengakibatkan pemikiran ulama terfoku
      1. Pada masalah ketertiban social.
      2. Timbulnya paham fatalisme  yang menyebabkan umat islam pasrah pada nasib.
       3. Sikap jumud (statis) dalam pemikiran umat islam.
30. Sedang pemikiran M .Iqbal yang berkaitan dengan usaha  memajukan umat islam adalah :
        a. Umat islam India perlu mengembangkan konsep ijtihat dan paham dinamisme Islam.

        b. Perlunya Negara tersendiri bagi umat islam India yang terpisah dari umat Hindu.    

Post a Comment Blogger