Pada tulisan terdahulu kita sudah membahas Kerangka Penulisan Modul. Bagai mana apakah anda bisa memahaminya dengan baik. Saya berharap anda mendapatkan butiran ilmu dari tulisan sebelumnya itu. Karena pada saat ini kita akan membahas bagai mana cara menyusun kerangka modul.
Bloger sekalian menghadirkan modul dalam proses belajar sesungguhnya tak obahnya menghadirkan dua guru pada murid. Karena jika seandainya jika anda berhalangan untuk hadir bertatap muka dengan murid anda dalam sutu jam pertemuan. Anda bisa saja meninggalkan modul pada murid anda tersebut. Murid anda bersama modul tersebut akan menjalankan proses belajar sampai akhir jam pelajaran dengan baik. Itulah hebatnya modul, lalu jika dmikian kenapa anda tidak berusaha membuat modul.
Baiklah tanpa membuang waktu lagi saya akan coba menerangkan apa saja yang harus anda lakukan dalam menyusun kerangka modul. Oke Sob Bloger inilah dia
1.      Menetapakan atau merumuskan tujuan instruksional umum menjadi tujuan instruksional khusus.
2.       Menyusun butir-butir soal evaluasi guna mencapai tujuan khusus.
3.      Mengidentifikasi pokok-pokok materi pelajaran yang sesuai dengan tujuan khusus .
4.      Menyusun pokok-pokok materi dalam urusan logis
5.      Menyusun langkah kegiatan belajar siswa
6.      Memeriksa langkah-langkah kegiatan belajar untuk mencapai tujuan.
7.      Mengidentifikasi alat –alat yang dipergunakan dalam kegiatan belajar dengan modul itu.
Selamat mencoba semoga membuahkan hasil yang memuaskan . Ingat jangan berhenti sebelum berhasil.

Post a Comment Blogger