BAHAN AJAR ILMU KALAM
Untuk Madrasah Aliyah Program ke Agamaan kelas XI

PETA PEMIKIRAN
SK                               : Menjelaskan persoalan yang berkaitan dengan keimanan
KD                              : menjelaskan turunnya Dajjal dan hikmahnya
Indikator                     : -     Menjelaskan pengertian Dajjal
-          Mengidentifikasi dalil tentang turunnya Dajjal
-          Menjelaskan perbedaan pendapat tentang turunnya Dajjal
-           Menyimpulkan pelajaran yang dapat diambil dari turunnya dajjal

A.    TENTANG DAJJAL
Para nabi sejak Nabi Adam a.s. sampai Nabi Muhammad saw. telah memberitakan dan memperingatkan kepada umatnya tentang Dajjal, sebagaimana sabda Rasulullah saw. dalam haditsnya yaitu :
الا احدثكم حديثا عن الدجال ما حدث به نبي قومه انه اعور وانه يجيء بمثال الجنة  والنار فالتي يقول انها الجنة هي النار { متفق عليه }                                       
Artinya :
Maukah kamu akan kuceritakan kepadamu, tentang Dajjal, sebagaimana yang telah diceritakan oleh seorang Nabi kepada kaumnya. Dajjal itu bermata buta sebelah. Dia akan membawa semacam syurga dan neraka, tetapi apa yang dikatakannya syurga itu sebenarnya neraka.” (Mutafaq’alaih)

ما من نبي الا وقد انذر امته الاعوار الكذب  الا انه اعوار وان ربكم عز وجل ليس باعوار مكتوب بين عينيه ك ف ر { متفق عليه }                                                                             Artinya :
“Tidak ada seorang Nabipun yang tidak mengingatkan umatnya tentang si picak (buta mata sebelah) yang pembohong. Ingatlah dia itu buta (Dajjal), dan sesungguhnya Tuhanmu Azza Wajalla itu tidak buta. Di antara kedua belah matanya (yang picak itu)tertulis (            ك ف ر (kufur).(Muttafaq’alaih)
Dari kedua hadits tersebut dapat diambil pengertian bahwa :
a.       Setiap nabi dan rasul serta umatnya ada Dajjalnya
b.      Dajjal itu bukan nama orang, tapi mungkin merupakan gelar yang diberikan oleh nabi-nabi itu. Dajjal berarti pembohong besar, dalam hal ini mengaku-ngaku sebagai Tuhan atau menyamai Tuhan atau bertingkah laku seolah-olah dirinya Tuhan.
c.       Arti bermata buta itu bisa fisik, yakni memang matanya cuma satu yang sebelah kanan, bisa pula maknawi atau kiasan, yakni si Dajjal itu  hanya memandang penting satu kehidupan, yaitu kehidupan dunia dan tidak mau tahu tentang kehidupan akhirat. Dalam pengertian buta maknawi ini bisa dalam bentuk seorang penguasa absolute yang memerintah dengan ideology dahriyyah tidak berTuhan dan tidak mengenal akhirat, bisa pula dalam bentuk sekelompok partai yang berkuasa dengan ideology yang sama. Contoh seorang penguasa absolut dahriyyah ialah seperti Fir’aun di zaman Nabi Musa atau Jalut (Goliat) pada zaman Nabi Daud a.s. Contoh spartai dahriyyah yang berkuasa ialah seperti Partai Komunis yang pernah memerintah Uni Sovyet dengan menintas perkembangan agama. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa, Dajjal akan datang dalam periode umat Muhammad saw. sebagaimana pada periode nabi-nabi yang lain (sebelum Nabi Muhammad saw)
Dalam periode Nabi Isa diterangkan tentang kedatangan Dajjal sebagaimana sabda Rasulullah saw.dalam haditsnya yang diriwayatkan oleh Muslim yaitu :
يخرج الدجال في امتي فيطكث اربعين لا ادري اربعين يوما او اربعين شهرا او اربعين عاما فيبعث الله تعالى عيس بن مريم فيطلبه فيهلكه { رواه مسلم }                         
Artinya :
“Dajjal akan keluar(lahir) dikalangan umatku. Dia akan tinggal selama empat puluh. Saya tidak tahu apakah empat puluh hari, empat puluh bulan, atau empat puluh tahun. Kemudian Allah swt. Mengutus Isa bi Maryam, lalu Isa mencari Dajjal itu dan membunuhnya” (Dadits riwayat muslim)

Selanjutnya Rasulullah saw. mengingatkan tentang Dajjal yang mungkin datang kenegeri kita :
... وان يخرج ولست فيكم فارؤ حجيج نفسه والله خليفةى على كل مسلم انه شا ب قطط عينه طاقية كاني اشبهه بعبد العزى بن قطن فمن ادركه منكم فاليقرأ عليه فواتج سورة الكهف انه خارج خلة بين الشام والعراق فعاث يمينا وعاث شمالا يا عباد الله فاثبتوا ... { رواه مسلم }                                                                                                                                                                                                                                                                                 Artinya :
Kalau Dajal keluar (lahir kedunia) sedang saya tidak ada pada Anda semua, maka seseorang akan menampilkan dirinya (sebagai pahlawan untuk menghalanginya) dan Allah khalifahku atas setiap orang Islam. Dajjal itu adalah anak muda yang lincah dan bermata tajam, saya serupakan dengan Abdul ‘Uzza bin Qathan. Maka barang siapa diantara saudarasaudara yang berjumpa dengan Dajjal, hendaklah dia bacakan permulaan ayat-ayat surat al-Kahfi. Dajjal itu akan keluar di jalanan antara Syam dengan Iraq. Lalu dia lakukan kerusakan berat dikiri dan kanan. Hai hamba-hamba Allah beriman teguhlah kamu…”(Hadits Riwayat Muslim)

Dajjal akan keluar di jalan antara Syam dan Iraq? Mungkinkah daerah Palestina yang dihancurkan Israil sekarang? Mungkin saja, mengingat sebuah hadits Rasulullah saw. sebagai berikut :
تتبع الدجال من يهود اصبهان سبعون الفا عليهم الطبا لسة  { رواه مسلم }           Artinya :
“Dajjal akan diikuti oleh 70000 orang Yahudi Ishbahaan yang mengenakan jubah kebesaran.” (Hadits riwayat Muslim)
Dengan memahami hadits Nabi diatas dapatlkah kita katakana bahwa sekarang Dajjal telah lahir di Timur Tengah ? Wallahu a’lam. Memang hari kiamat tidak akan sterjadi sebelum umat Islam dapat mengalahkan Yahudi. Kapan itu akan terjadi? Wallahu a’lam.

Sabda Rasulullah saw :
  لا تقوم الساعة حتى يقاتل المسلمون اليهود حتى يختبىء اليهودي من ورا ء الحجر اوالشجر فيقول الحخر والشجر : يا مسلم هذا يهودي جلفي تعال فاقتله الا الغرقد فانه من شجر اليهود { متفق عليه }                                                                                                                                                                                                        
Artinya :
“Kiamat tak akan terjadi kecuali bilamana kaum muslimin telah sanggup mengalahkan Yahudi, sehingga ada orang Yahudi yang bersembunyi dibelakang batu dan pohon kayu, kemudian batu dan kayu itu berseru, (Hai orang Islam. Ini Yahudi ada bersembunyi)dibelakang kemarilah bunuh dia ” kecuali Gharqad, sebab ia termasuk pohon Yahudi.” (Dadits riwayat Bukhari dan Muslim)

Sumber dokumen guru ponpes Hamka Maninjau

Post a Comment Blogger