Kalau pada tulisan terdahulu saya telah coba menerangkan bagai mana cara mengatasi hama tupai pada tanaman coklat, nah sekarang saya ingi berbagi cara mengatasi hama kera pada tanaman coklat.
Siapa yang tidak kesal jika pada setiap hari tanaman coklatnya rusak oleh ulah kera, monyet atau yang sejenisnya. Sama dengan saya. Kera, monyet dan yang sejenisnya itu disamping memakan buah, dahan coklat juga patah dibuatnya, bungat coklat juga berguguranya karenanya. Lagi -lagi  akibatnya adalah kerugian yang kita derita. Sayapun mencoba berbagai macam hal mulai dari ketapel, senapan angin, racun, berburu dengan anjing. Tapi binatang yang satu ini lumayan cerdik. ia bisa mengetahui makanan yang beracun jika temannya sudah ada yang mati. Begitu juga jika kita tembak dengan senapan angin mereka akan menghilang atau memanjat ke pohon yang tinggi lalu bersembunyi di sana sampai kita pergi. Untuk itu ada tiga hal yang mungkin bisa kita tempuh disini.

1. Di buru
Hama coklat Sesama petani coklat dan yang suka berburu kita ajak  memburunya minimal untuk tahap pertama sekali dalam tiga hari, selanjutnya mungkin sekali dalam seminggu, mugkin selanjutnya bisa sekali dalam sepuluh hari selanjutnya sesuai dengan kondisi. Jika kera itu mulai datang kita lakukan berburu lagi. Kendala yang pernah ditmui adalah kera ini menghindari kita dengan cara memanjat ke pohon yang tinggi. Nah mungkin pohon yang tinggi perlahan bisa kita kurangi. Selanjutnya kera ini juga bisa menghilang kelobang lobang tanah, yang sering ada di tebing - tebing semak. Tapi jika kita punya anjing hal ini bisa kita ketahui. Hati - hati bro dengan kutu kera. Hehehe ... sesaat bisa - bisa kita meniru gaya kera.

2. Di Pancing.
Kera ini amat senang dengan buah - buahan yang manis. Maka kita bisa meletakan mata pancing yang sudah kita beri benag pancing sekitar panjang 40 Cm pada buah - buahan yang sengaja kita tebar di sekitar tempat biasa kera tersebut berkumpul. Misalnya dengan buah pisang, atau buah pepaya yang sudah kita potong. Ingat benang pancingnya jangan di ikatkan.Biarkan saja tidak terikat, jadi buah tersebut bisa dibawanya manjat atau lari jika mereka rebutan atau juga terkejut.  Jadi nanti jika buah tersebut dimakan oleh sang Kera tersebut maka mata pancing tersebut akan nyangkut di mulut atau ditenggorokan kera tersebut. Akibatnya sikera tersebut akan sibuk menarik - narik benang pancing yang telah nyangkut dimulutnya tersebut. Ya anda bisa bayangkan selanjutnya apa ia bisa pergi ke dokter atau ngak ya.

3. Membuat Kandang.
Kita juga bisa membuat kandang dengan ukuran lebih kurang 2 M x 2 M . Dimana pada bagian atas kandang tersebut. harus kuta buat lobang dengan dia meter lebih kurang 50 Cm. Pada lobang yang berdia meter 50 Cm tersebut kita kasih lembaran seng sekelilingnya yang menjulur kebawah panjang lebih kurang 40 Cm. Ingat kandang ini harus dibuat sekuat mungkin karena kita akan mengundang kera tersebut kedalam dengan makanan yang sengaja juga kita tabut sekitar kandang dan banyakan di dalam kandang. Nah Insya Allah deh dalam waktu sekejab itu kandang akan menjadi tempat pesta kera yang paling asyik. kera - kera tersebut tidak akan bisa keluar karena tempat keluar yang kita sediakan lobang diatas kandang dengan diameter 50 Cm tadi tidak bisa dilewatinya karena ada seng yang tidak bisa ia pegang. Hehehe .... asyik deh sepertinya ini bisa suber keuangan lagi nih, kera berapa satu ekor ya. Halal ngak ya.

demikian mungkin kiat mengatasi hama kera di tanaman coklat. Sebenarnya anda juga bisa memagari kebun anda dengan sentrum lisrik. Tapi ini terlalu berbahaya, saya tidak menganjurkanya.
Selamat mencoba, semoga berhasil.

Post a Comment Blogger