Sejarah muncul Mu`tazilah.
Kaum mu`tazilah adalah golongan yang banyak memakai akal,sehingga mereka dinamai “Kaum Rasionalis.Islam”. Sebab dinamai Mu`tazilah adalah :
*.Wasil menyatakan bahwa orang yang melakukan dosa besar bukan mukmin dan tidak kafir .Lalu dia dan kawannya menjauhkan diri dari Hasan Basri sebagai gurunya.Lalu Hasan berucap I`tazala `anna Wasil washadiquhu..
*.Qatadah ibn Da`amah masuk ke Majlis Amru Bin `Ubaid yang disangka Majlis Hasan Al Basri,ternyata salah .Ia berdiri dan pergi lalu ia berucap ini kaum Mu`tazilah.
*.Mereka disebut Mu`tazilah karena meyakini orang yang berdosa besar tidak mukmin dan tidak kafir tapi pada Manzilah bainal manzilataini.
           
            Tokoh-tokoh Mu`tazilah.
            1.Washil bin `Atha`
            2.Abu Huzail Al `Alaf.
            3.Ibrahim Ibn Sayyar ibn Hanniy An-Najam.
            4.Mu`ammar Ibn abbad.
 Ajaran Mu`tazilah.
            *.Tidak menerima ikhtiyar dan kasb kecuali majbur.
            *.Tuhan tidak mempunyai sifat.
            *.Surga dan neraka tidak ada.
            *.Tuhan tidak dapat dilihat di surga.
            *.Al Qur an adalah makhluk.

Panca ajaran dasar  Mu`tazilah.
            1.Attauhid.
Tuhan Maha Esa,jika Tuhan mempunyai zat yang unik ,tidak ada yang serupa dengan Dia ,mereka menolak paham Antropormorphisme.Selanjutnya mereka juga menolak paham Beatific Vision yaitu paham Tuhan bisa dilihat manusia dengan dengan mata kepalanya.Satu-satunya sifat Tuhan yang betul-betul tidak mungkin ada pada makhlukNya adalah sifat Qadim.Hanya zat Tuhan yang bersifat qadim.Paham inilah yang mendorong Mu`tazilah untuk meniadakan sifat-sifat Tuhan ,yakni sifat yang mempunya wujud sendiri diluar zat.
            2.Al`Adlu.
Al `Adlu ini adalah ajaran Mu`tazilah kedua yang berarti Maha adil.Adil ini adalah sifat yang paling gamblang  untuk menunjukkan kesempurnaan .Karena Tuhan maha sempurna sudah pasti adil.Tuhan dipandang adil apabila bertindak hanya yang baik (ash-shalah) dan terbaik (Al-ashlah) dan bukan yang tidak baik.Demikian pula Tuhan itu adil bila tidak melanggar janjinya,
            3.Al-Wa`d wa al-wa`id .
               Ajaran ketiga ini erat kaitannya dengan kedua.Al-Wa`d wa al-wa`id berarti janji dan ancaman.Tuhan Maha Adil dan Maha Bijaksana ,tidak akan melanggar janjinya.Perbuatan Tuhan terikat dan dibatasi oleh janjiNya sendiri,yaitu memberi pahala surga bagi yang berbuat baik (al Mu`thi) dan mengancam dengan siksa neraka atas orang yang durhaka (Al-`Ashi).Begitu pula janji Tuhan untuk memberi pengampunan pada orang yang bertaubat nashuha pasti benar adanya.Ini sesuai denganprinsip keadilan .Jelasnya siapa yang berbuat akan    dibalas dengan kebaikan ,siapa yang berbuat jahat akan dibalas dengan siksa yang pedih.        
            4.Al-Manzilah Baina al-Manzilatain.
            Ini ajaran yang mula-mula menyebabkan lahirnya mazhab Mu`tazilah.Ajaran ini terkenal dengan status orang beriman (mukmin) yang melakukan dosa besar. Perbuatan dosa besar bukanlah kafir,karena ia masih percaya kepada Tuhan dan Nabi Muhammad SAW,tetapi bukanlah mukmin,ia tidak bisa masuk surga .Dan bukan pula kafir ,maka ia tidak mesti masuk neraka.Ia seharusnya diletakkan di luar surga dan diluar neraka.Inilah sebenarnya keadilan.
         5.Amar Makruf Nahi Mungkar.
            Perintah berbuat baik dan larangan berbuat jahat,dianggap sebagai kewajiban bukan hanya oleh kaum muktazilah saja,tapi oleh semua umat Islam.ajaran ini menekankan keberpihakan kepada kebenaran dan kebaikan .Ini merupakan konsekwensi logis dari keimanan seseorang.Pengakuan keimanan harus dibuktikan dengan perbuatan baik,diantaranya dengan menyuruh orang lain berbuat baik dan mencegah nya dari kejahatan.

Post a Comment Blogger